Liburan Mengesankan di Telaga Sarangan Magetan

by -38 views
telaga sarangan magetan

Liburan Mengesankan di Telaga Sarangan Magetan – Liburan di daerah telaga ternyata tak kalah mengesankan dari tempat wisata lainnya. Salah satu telaga yang patut anda sambangi adalah Tegala Sarangan. Telaga Sarangan berada di daerah Magetan. Seperti halnya kebanyakan telaga yang ada di Pulau Jawa, kawasan wisata ini juga diselimuti dengan sejumlah mitos dan cerita yang melegenda. Bagi yang senang berlibur dengan suasana tenang, kawasan yang ada di ketinggian 1200 mdpl ini adalah opsi tempat yang cocok dikunjungi di liburan kali ini.

Suasana alam khas pegunungan, pemandangan hijau, telaga yang sejuk, sampai sejumlah fasilitas pendukung lengkap membuat tempat wisata alam ini rekomended dikunjungi. Lokasinya pun cukup strategis karena dari Jawa Tengah pun bisa diakses dengan mudah. Bahkan menggunakan transportasi umum seperti kereta api juga sudah bisa dilakukan. Bagi yang sedang mencari tempat liburan menyenangkan, cobalah rencanakan liburan kali ini di Telaga Sarangan yang akan diulas lebih lanjut berikut ini.

Wisata Telaga Sarangan Magetan

1. Daya tarik Telaga Sarangan Magetan

Telaga sarangan memiliki pemandangan hijau di sekelilingnya. Udaranya amat sejuk karena berada di kawasan dataran tinggi. Selain telaganya yang luas, ditengah-tengah telaga terdapat sebuah pulau. Konon di pulau tersebut ditunggui oleh harimau putih. Namun hal tersebut adalah mitos yang berkembang di tengah masyarakatnya. Wisatawan akan dimanjakan dengan sejuknya udara dan indahnya pemandangan. Belum lagi sejumlah spot foto pun sudah mulai dibangun di sekitar area wisata Telaga Sarangan Magetan.

2. Pemandangan menakjubkan di ketinggian

Lokasi Telaga Sarangan berada di ketinggian 1200 mdpl. Lokasinya yang ada di ketinggian membuat wisatawan dibuat takjub dengan panorama alamnya. Telaga dengan air beningnya dihiasi dengan panorama hijau yang menakjubkan. Udara disekitarnya pun terasa sangat sejuk. Anda bisa menyewa perahu dan berkeliling telaga sebanyak 2 putaran. Bersantai sembari mencicipi berbagai macam kuliner khas Magetan di tepi danau juga bisa menjadi aktivitas menarik di kawasan ini.

3. Tiket masuk dan jam buka Telaga Sarangan Magetan

Anda bisa datang setiap hari ke Telaga Sarangan Magetan dengan jam buka mulai pukul 07.00-17.00 WIB. Wisatawan disarankan berlibur sampai sore hari saja untuk kenyamanan liburannya. Untuk masuk ke kawasan wisata, anda cukup membayar tiket masuk sebesar 15 ribu rupiah. Tiket tersebut belum termasuk parkir kendaraan motor sebesar 5 ribu rupiah dan 7 ribu rupiah untuk mobil. Penginapan di sekitar telaga juga tersedia dengan kisaran harga ratusan ribu rupiah. Disarankan booking penginapan terlebih dulu karena kawasan wisata Telaga Sarangan Magetan ini selalu ramai pengunjung.

4. Lokasi dan rute Telaga Sarangan Magetan

Telaga Sarangan Magetan berada di Lereng Gunung Lawu sekitar 16 km dari pusat kota Magetan. Wisata alam ini bisa diakses menggunakan kendaraan pribadi dan umum. Anda bisa menggunakan kereta api dari Stasiun Solo Balapan. Kemudian naik bus menuju Palur dan lanjut ke jurusan Tawangmangu. Setelah itu perjalanan lanjut menggunakan mini bus ke Telaga Sarangan Magetan. Jika menggunakan kendaraan pribadi, anda mesti memastikan kendaraan dalam kondisi prima karena jalanannya cukup curam dan berkelok.

Demikian ulasan mengenai wisata Telaga Sarangan Magetan yang menarik sebagai destinasi liburan anda kali ini. Semoga bermanfaat.