Pesona Panorama Alam Pantai Goa China di Malang Selatan

by -31 views
Panorama Alam Pantai Goa China

Pesona Panorama Alam Pantai Goa China di Malang Selatan – Kabupaten Malang selalu menyimpan banyak wisata alam yang belum begitu terekspos, terutama wisata pantainya. Banyak pantai di Malang Selatan yang keindahannya tidak kalah dengan pantai-pantai di Bali, bahkan pantai di luar negeri sekalipun.

Salah satu pantai yang belum begitu terkenal di dareah Malang Selatan adalah Pantai Goa China. Nama yang cukup unik. Konon menurut cerita masyarakat sekitar ada sebuah goa di bukit tepat di bibir pantai yang digunakan oleh seorang petapa dari negeri China untuk bersemedi. Kemudian petama itu meninggal di goa tersebut, dari situlah pantai yang memiliki panorama alam indah ini diberi nama Pantai Goa China.

Letak Panorama Alam Pantai Goa China

Pantai Goa China terletak di Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang Selatan. Jalan menuju pantai ini kurang begitu bagus kerena jalan menuju masuknya pantai masih makadam berbatu dengan jarak kurang lebih 800 meter dari jalan aspal. Dikarenakan lokasinya yang cukup tersembunyi membuat pantai indah ini belum banyak wisatawan yang tahu dan pemandangan yang masih sangat alami.

Harga tiket masuk pantai ini Rp. 5.000 dan untuk biaya parker sepeda motor Rp. 5.000, untuk mobil Rp. 7.000.

Untuk menuju Pantai Goa China, dari arah Malang, arahkan kendaraan menuju arah Gadang, Turen, kemudian Sendang Biru. 1,5 km Sebelum Pantai Sendang Biru ada pertigaan, arahkan kendaraan menuju Pantai Bajul Mati. Sekitar 5 km dari pertigaan tersebut di sebelah kiri jalan ada papan petunjuk Pantai Goa China. Belok kiri, kurang lebih 800 meter sudah memasuki kawasan Pantai Goa China.

Seperti namanya, pada pantai ini terdapat sebuah goa yang terletak di sisi kanan pantai, sekitar 50 eter dari Bukit Karang. Berbeda dengan kebanyaka goa yang memiliki trowongan panjang, Goa China hanya memiliki panjang rongga sekitar 8 meter, dengan ketinggian kira-kira 2 meter. Setiap pengunjung juga bisa masuk ke dalam rongga goa ini. Goa China tidak memilki batu stalaktit maupun stalakmit pada dindingnya. Meski pun begitu Goa ini memiliki nilai magis yang kuat dan misterius.

Jelajahi Tempat Wisata Malang yang Lainnya

Selain Goa yang mesterius, Pantai Goa China memiliki pantai yang indah dengan fonomena alam yang cukup langka, yaitu terjadinya gelombang yang bersimpangan tidak karuan dari tiga arah selatan, timur dan barat. Arus gelombang tersebut selalu bertabrakan di antara Pulau Bantengan dan Pulau Nyonya yang letaknya di sekitar pantai. Karena gelombang yang bertabrakan demikian kuat, sehingga memunculkan suara bergemuruh. Inilah salah satu fenomena alam yang cukup langka di pantai Malang Selatan, ombak yang cukup besar. Tidak ada nelayan yang berani menyandarkan prahunya di pantai ini.

Selain kebersihan pantainya yang masih sangat terjaga. Pantai Goa China juga menyediakan area camping untuk pengunjung yang ingin berkemah. Ada juga yang memanfaatkan tempat ini sebagai area foto pre-wedding.

Karena Pantai Goa China memiliki ombak yang cukup besar, pengurus pantai menyarankan agar para pengunjung tidak berenang di pantai ini. Pantai Gua China juga memiliki beberapa tempat dengan kedalaman yang curam dan arus air yang kuat. Meskipun begitu pengunjung masih bisa menikamati panorama alam lainnya dan sekedar bermain ombak di tepian pantai. Untuk menjaga agar pantai ini tetap bersih, pengunjung harus tetap menjaga kebersihan pantai.

Demikianlah artikel mengenai Pesona Panorama Alam Pantai Goa China di Malang Selatan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan Pantai Goa China bisa menjadi alternatif liburan akhir pekan anda berikunya.