Pesona Eksotis Pantai dan Perbukitan Pantai Teleng Ria Pacitan

by -11 views
Pantai Teleng Ria Pacitan

Pesona Eksotis Pantai dan Perbukitan Pantai Teleng Ria Pacitan – Selain disebut sebagai Kota 1001 Goa, Pacitan juga menyimpan keindahan pantai yang wajib untuk dikunjungi. Selain Pantai Klayar, Pantai Soge, dan Pantai Banyu Tibo, Pacitan juga memiliki pantai yang cukup terkenal dan menjadi salah satu ikon Kota Pacitan. Pantai Teleng Ria.
Pantai Teleng Ria tidak hanya menyuguhkan lanskap pantai yang indah jika dilihat dari perbukitan, selain itu pantai ini juga menjadi salah satu tempat untuk peselancar pemula untuk belajar mengarungi ombak Semudera Hindia.

Lokasi Pantai Teleng Ria Pacitan

Pantai Teleng Ria ini berlokasi di Desa Teleng, Kelurahan Sidoharjo, Kab. Pacitan. Letaknya juga sangat dekat dari pusat Kota Pacitan. Kurang lebih hanya perjarak 3 km saja. Pantai Teleng Ria juga menjadi salah satu dalam daftar pantai di selatan Pulau Jawa yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia.

Pantai Teleng Ria memiliki luas sekitar 40 hektar dengan panjang garis pantai mencapai hingga 2.5 km. Selain itu pantai ini juga memiliki relief yang relatif landai. Di dekat pantai teleng juga terdapat satu pantai lagi yang diberi nama Pantai Tamperan. Kedua pantai tersebut dipisahkan dengan sungai. Pantai Tamperan hanya berfokus pada aktifitas perikanan saja. Oleh sebab itu pengunjung dapat melihat pelabihan di sekitar pantai. Banyaknya hasil perikanan di Pantai Tamperan menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang berkunjung ke Pantai Teleng Ria Pacitan maupun Pantai Tamperan.

Wisata Pantai Teleng Ria Pacitan

Pantai Teleng Ria diapit oleh Pegunungan Limo. Dari area pantai terlihat tebing-tebing tinggi membentuk pola huruf U yang mengelilingi pantai ini. Hal tersebut menjadi penyabab ombak di Pantai Teleng Ria tidak terlalu besar. Berbeda dengan kebanyakan pantai yang menghadap langsung ke Samudera Hindia, yang terkenal dengan ombaknya yang besar dan ganas.

Sama seperti tempt wisata pantai pada umumnya, banyak yang bisa pengunjung lakukan di area Pantai Teleng Ria ini. Selain berenang di tepian pantai, pengunjung juga bisa berjalan menelusuri tepian pantai dan berjemur. Sebagian pengunjung melakukan kegiatan olahraga di pantai ini, misalnya voli pantai dan sepak bola. Bukan hanya itu saja, pengunjung juga bisa melakukan aktifitas memancing pada tempat-tempat tertentu di sekitar pantai. Bahkan ada juga yang memalukan kegiatan berkemah di area Pantai Teleng Ria Pacitan ini.

Saat memasuki Pantai Teleng Ria ini, pengunjung akan di hadapkan pada pasir pantai yang berwarna putih kecoklatan, serta sinar matahari yang tidak terlalu menyengat. Tidak ada harga tiket masuk pada Pantai Teleng Ria Pacitan ini. Pengunjung hanya membayar uang parkirnya saja.

Bermain di Pantai Teleng Ria Pacitan

Meski Pantai Teleng Ria memiliki ombak yang tidak telalu besar, pegunjung tetap disarankan berhati-hati jika berenang di area pantai, karena ombak besar datang dengan tiba-tiba. Jika ombak sudah dianggap besar, biasanya ada petugas yang meniup peluit sebagai peringatan kepada para pengunjung untuk berhati-hati. Pada waktu tertentu Pantai Teleng Ria memiliki ombak yang tinggi dan pengunjung dilarang untuk berenang di area pantai.
Salah satu yang membuat Pantai Teleng Ria menarik adalah lanskap pantai dan perbukitan. Kombinasi dari pantai dan pengunungan ini memciptakan pemandangan yang sangat unik. Dari atas bukit, pengunjung bisa melihat palung laut membentuk segitiga lurus yang berada di tengah laut.

Pantai Teleng Ria juga menjadi tempat berselanjar yang cocok untuk peselanca pemula. Di Pantai Teleng Ria Pacitan ini pengunjung yang ingin berselancar bisa menyewa papan selancar dengan harga Rp 50.000,- saja. Ombak yang tidak terlalu besar membuat peselancar pemula bisa berselancar dengan mudah. Untuk pegunjung yang ingin belum bisa berselancar dan ingin belajar berselancar, pengunjung bisa melakukan kursur singkat berselancar dengan biaya sebesar Rp 20.000, per dua jam.

Di Pantai Teleng Ria Pacitan juga terdapat sejumlah arna permainan anak. Pada muara Sungai Teleng, pengunjung dapat memjumpai dermaga kecil lengkap kapal mainan. Sebagai salah satu tempat wisata andalan Kota Pacitan, fasilitas pada Pantai Teleng Ria ini terus dikembangkan dan di tambah beberapa fasilitas penunjang lainnya, seperti wisata kuliner, area perkemahan hingga tempat pertunjukan seni.
Pantai Teleng Ria menjadi salah satu alternatif tempat berlibur bersama keluarga maupun teman terdekat.