Objek Wisata Pantai Papuma, Surga Wisata Bahari Jember

by -58 views
Objek Wisata Pantai Papuma

Objek Wisata Pantai Papuma, Surga Wisata Bahari Jember dan Mitos yang Ada – Selain Pantai Klayar dan Pantai Gua Cina, Jawa Timur juga memiliki satu pantai lagi yang tidak kalah menarik dan menawan dari dua pantai tersebut. Sebut saja Pantai Papuma, Jember. Nama Papuma sendiri diambil dari singkatan Pantai Pasir Putih Malikan.

Objek Wisata Pantai Papuma

Objek Wisata Pantai Papuma menjadi salah satu ikon wisata Kota Jember. Tak heran jika banyak wisatawan domestik maupun internasional berkunjung ke pantai ini. Sekedar jalan-jalan atau bermain air di pantai yang memiliki pasir yang putih nan bersih ini. Meskipun ramai pengunjung Pantai Papuma memiliki lingkungan yang tenang, air laut yang biru dan bersih, angin yang sejuk dan ombak yang selalu memberikan kecerian. Selain keindahan pantai yang sangat menawan, Pantai Papuma juga memiliki keanekaragaman fauna seperi, Ayam Alas, Babi hutan Rusa, Biawak bahkan Trenggiling dan semua itu tersebar di hutan dekat tempat wisata Pantai Papuma.

Mitos Objek Wisata Pantai Papuma

Selain keindahan yang memesona, Pantai Papuma juga memiliki beberapa mitos. Berikut ada beberapa mitos yang cukup populer tentang Pantai Papuma:

Ombak Pantai Yang Rutin Menewaskan Pengunjung

Pantai Papupa terletak di bagian selatan Pulau Jawa yang cukup dikenal memiliki ombak besar dan ganas. Gulungan ombak yang memiliki kekuatan tinggi sering mencelakakan penunjung. Sudah banyak pula korban yang hanyut diseret oleh ombak Pantai Papuma. Oleh karena itu, pengelola pantai memasang beberapa papan peringatan agar pengunjung lebih berhati-hati.
Adaya kecelakan ataupun korban terseret ombak sering dikaitkan dengan Nyi Roro Kidul, penguasa pantai selatan yang konon memang sering menggambil korban untuk dijadikan pengikutnya di kerajaan gainnya.

Sekawanan Ular Berbisa di Pulau Tak Bernama

Pantai Papuma memiliki gugusan batu karang yang cukup besar. Warga sekitar menyebutnya pulau atau gunung kecil dan total ada tujuh pulau yang jika dilihat dari sisi tertentu, pulau atau batu karang tersebut terlihat seperti berderet. Masing-masing batu karang memiliki nama sendiri, antara lain Dharma Kencana, Genteng/Kura-Kura, Kodok, Kresna, Narada dan Kajang.

Ada juga yang menyebutnya denganr Batara Guru, Kresna, Narada, Nusa Barong, dan Kajang. Namun, ada satu batu karang yang tidak memiliki nama. Batu karang tersebut dijauhi oleh para warga dan para pengunjung. Tidak ada yang berani pergi ke batu karang tersebut, konon pada batu tersebut terdapat sekawanan ular berbisa.

Batu Malikan

Batu Malikan pada Objek Wisata Pantai Papuma menjadi cikal bakal dari nama pantai ini. Batu Malikan merupakan batuan datar dengan bentuk menyerupai kerang raksasa dan berjajar di sepanjang pantai yang menghadap ke barat. Karena letaknya bersebelahkan dengan Pantai Watu Ulo, Papuma juga memiliki sejumlah mitos dan legenda yang sama dengan pantai di sebelahnya itu.

Menurut legenda, Batu Malikan merupakan tempat Raden Mursada dan Mursaud atau Joko Samudera secara tidak sengaja memancing ikan ajaib jelmaan Raja Mina. Di tempat yang sama pula kail pancing mereka tersangkut ular raksasa yang kemudian oleh Marsada ular tersebut dibelah menjadi tiga bagian dengan cemeti pemberian Raja Mina.

Gua Lawa Atau Gua Kelelawar

Pada salah satu bagian Pantai Papuma terdapat karang dengan lorongceruk kecil, penduduk setempat memberi nama tempat itu dengan Gua Lawa atau Gua Kelelawar. Gua Lawa tersebut hanya bisa dilihat saat air sedang surut saja.
Konon, gua tersebut merupakan tempat salah satu putri penguasa pantai selatan bersemayan, Dewi Sri Wulan. Selain itu Gua Lawa juga dijadikan tempat bersemedi Kyai Mataram.

Larung Sesaji di Objek Wisata Pantai Papuma

Pada waktu tertentu, warga sekitar melakukan larung sesajen di Objek Wisata Pantai Papuma ini. LarungSesajen rutin dilakukan sebagai perwujudan rasa syukur atas melimpahnya panen ikan dan juga sebagai permohonan agar panen ikan berikutnya juga melimpah.

Lokasi Dan Tiket Masuk Objek Wisata Pantai Papuma

Pantai Papuma ini berlokasi di Desa Lojejer, Kec. Wuluhan, Kab. Jember. Sebagai catatan saat berkunjung ke Papuma, karena jalan menuju pantai ini sedikit curam jadi sebaiknya pengunjung berhati-hati dan mengunakan kendaran yang ‘sehat’.

Tiket masuk Pantai Papuma sedikit mahal. Setiap pengunjung dikenai biaya Rp 15.000. Sedangkan untuk parkir Rp 5.000 untuk sepeda motor dan untuk mobil Rp 10.000. Meskipun tiket masuk dan biaya parkir yang mahal, semua itu tidak akan ada apa-apanya jika dibandingkan dengan keindahan Pantai Papuma.

Demikianlah artikel mengenai Objek Wisata Pantai Papuma, Surga Wisata Bahari Jember dan Mitos yang Ada, semoga artikel ini dapat menjadi referensi untuk destinasi wisata Anda yang selanjutnya.