5 Objek Wisata Api Abadi di Indonesia Yang Anda Wajib Tahu

by -72 views
Objek Wisata Api Abadi

5 Objek Wisata Api Abadi di Indonesia Yang Anda Wajib Tahu – Selain di New South Wales, Australia, ternyata Indonesia juga memiliki tempat wisata yang populer dengan mana “Door to Hell” atau “Pintu Menuju Neraka”.
Wisata Api Abadi, begitulah warga Indonesia menyebutnya. Dan juga tidaklah jauh berbeda dengan “Door to Hell” yang ada di New South Wales. Tempat wisata ini memiliki api yang tidak pernah padam. Aneh tapi nyata dan ajaib. Indonesia sendiri memiliki lebih dari satu wisata Api Abadi. Berikut daftar wisata api abadi yang ada di Indonesia.

Objek Wisata Api Abadi – Khayangan Api

Api Abadi Khayangan Api terletak di kawasan hutan lindung di Desa Sendangharji, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur. Khayangan api terjadi karena adanya fenomena geologi alam di mana gas alam keluar dari tanah yang kemudian tersulut oleh api, sehingga menyebabkan api tidak pernah padam. Bahkan saat hujan pun api masih tetap menyala. Wisata ini terletak kurang lebih 15km ke arah selatan kota Bojonegoro.

Api Abadi Mrapen

Api Abadi Mrapen terletak di Kabupaten Grobongan, Jawa Tengah dan ditemukan pada abad ke 15. Api Abadi Mrapen merupakan wisata yag cukup populer, karena pada tahun 1981 api abadi ini digunakan untuk menyalakan obor Pekan Olahraga Nasional (PON) X, HAORNAS dan 1983 pada kegiatan POR PWI.

Api Tak Kunjung Padam

Di Madura terdapat Api Tak Kunjung Padam yang terletak di Pamekasan. Api abadi ini dikelilingi oleh pagar besi yang tidak terlalu tinggi. Berbeda dengan api abadi di Bojonegoro. Api Tak Kunjung Padam ini akan mati jika terkena air hujan lebat. Tetapi setelah hujan reda, api abadi ini akan menyala dengan sendirinya.

Objek Wisata Api Abadi – Api Abadi Sungai Siring

Pada tahun 2008 api yang digunakan menyalakan obor pada kegiatan PON XVII di Kalimantan Timur. Api Abadi Sungai Siring terletak di Kecamatan Samarinda Utara, Kota Samarinda, tepatnya di dusun Bambu Kuning

Api Abadi Bekucuk

Masih di Jawatimur, Api Abadi Bekucuk terletak di Desa Tempuran, Kecamatan Soko, Mojokerto. Api abadi ini ditemukan pada tahun 1993. Menurut warga Desa Tempuran, api abadi ini sudah ada sejak Kerajaan Majapahit dan digunakan untuk membuat keris dan senjata lainnya.
Jika ingin berkunjung ke lima api abadi di Indonesia ini sebaiknya mengunjungi saat malam hari, karena kobaran api abadi yang keluar dari dalam tanah akan terliat lebih indah. Demikianlah artikel mengenai 5 Objek Wisata Api Abadi di Indonesia Yang Anda Wajib Tahu, semoga bisa menjadi referensi wisata Anda.