Mitos Objek Wisata Air Terjun Sedudo Nganjuk Yang Dapat Membuat Awet Muda

by -39 views
Objek Wisata Air Terjun Sedudo

Mitos Objek Wisata Air Terjun Sedudo Nganjuk Yang Dapat Membuat Awet Muda – Siapa sangka Kota Nganjuk, kota yang dijuluki Kota Angin ini memiliki tempat wisata air terjun yang sangat wajib untuk dikunjungi saat akhir pekan. Air terjun ini menyimpan banyak keunikan. Air Terjun Sedudo. Selain kasiat dari air terjun ini, yang konon bisa membuat awet muda, tempat ini dulunya pernah dijadikan tempat pertapaan salah satu pelopor agama Islam di Kota Angin tersebut.

Lokasi Objek Wisata Air Terjun Sedudo

Air Terjun Sedudo terletak di Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur dengan ketinggian 1.438 meter di atas permukaan laut (mdpl), tepatnya di sisi tumur kawasan Gunung Wilis, dengan ketinggian air terjun sekitar 105 meter.
Pada zaman kerajaan Majapahit, air terjun ini diyakini sebagai tirta suci yang airnya mengalir dari kahyangan. Bahkan para Raja, bangsawan, dan pendeta di zaman itu sering menggunakan air terjun ini untuk upacara ritual, seperti memandikan arca dan senjata pusaka dalam upacara Parna PrahistaI. Bahkan hingga saat ini diadakan ritual Mandi Sedudo setiap tanggal 1 Suro kalender Jawa. Konon mitos yang ada sejak zaman Majapahit pula, pada bulan itu dipercaya membawa berkah awet muda bagi orang yang mandi di air terjun tersebut.

Legenda Objek Wisata Air Terjun Sedudo

Dahulu, di kawasan Air Terjun Sedudo merupakan tempat bertapa Ki Ageng Ngaliman, tokoh yng meyebarkan agama Islam di Nganjuk. Untuk menghormati jasanya, pada bulan Suro juga diadakan sebuah upacara ritual dengan iringan gadis berambut panjang menggunakan pakaian adat Jawa, berjalan menuju kolam yang berada tepat di bawah air terjun.
Warga setempat percaya, air yang mengalir dari air terjun tidakan berhenti atau habis. Warga yakin, sumber dari Air Terjun Sedudo berasal dari tempat dewa bersemayam. Tak heran jika pada bulan Suro, khususnya malam satu Suro banyak pengunjung yang mendatangi tempat ini dan mandi di kolam, tepat di bawah Air Terjun Sedudo.

Akses ke Objek Wisata Air Terjun Sedudo

Berapa pada 30 km ke arah selatan dari pusat kota Nganjuk. Karena Air Terjun Sedudo terletak di lereng gunung, jalan mennuju lokasi cenderun menanjak, naik-turun, berkelok, sehingga cukup sulit jika dilewati dengan kendaraan besar atau bus. Jika memang ingin mampir ke tempat ini sebaiknya mengunakan kendaraan roda dua atau roda empat non bus, agar bisa mudah melewati trak jalannya.

Meski tidak ada kendaraan umun yang langsung menuju ke area wisata, tetapi banyak mobil sewaan yang siap mengantar pengunjung yang ingin berlibur ke Aur terjun Sedudo. Setelah melewati gerbang utama dan membayar tiket masuk, pengunjung akan menemui jalan dua arah, jalan ke bawah menuju ke ArgowisataGanter dan Telaga Singokromo, sedangkan jalur yang naik menuju Air Terjun Sedudo. Dari gerbang utama menuju air terjur kurang lebih berjarak 2 km. Untuk menuju ke pelataran air terjun, pengunjung harus menuruni tangga dengan rentan waktu sekitar 5 menit.

Tiket Masuk dan Parkir ke Objek Wisata Air Terjun Sedudo

Harga tiket masuk dari Air Terjun Sedudo adalah Rp 2.500 per orangnya. Untuk parkir kendaraan roda dua Rp 1.000, sedangkan untuk roda empat Rp 2.000. Harga yang murah untuk tempat wisata sesakral Air Terjun Sedudo.

Demikianlah artikel mengenai Mitos Objek Wisata Air Terjun Sedudo Nganjuk Yang Dapat Membuat Awet Muda, semoga artikel ini dapat menjadi referensi untuk destinasi wisata Anda.