Objek Wisata Air Terjun Parangloe Terindah di Sulawesi Selatan

by -11 views
Objek Wisata Air Terjun Parangloe

Air Terjun Parangloe, Objek Wisata Air Terjun Terindah di Sulawesi Selatan – Objek Wisata Air Terjun Parangloe atau masyarakat mengenal dengan nama air terjun Bantimurung II adalah air terjun bersusun atau air terjun bertingkat. Air terjun ini terletak di Ds. Parangloe, Kec. Parangloe, Kab. Gowa, Prov. Sulawesi Selatan. Air terjun Parangloe berada dalam kawasan hutan lindung PT Persero Inhutani I. Dinamakan air terjun bersusun atau bertingkat karena air terjun ini mempunyai karakteristik yang bersusun atau bertingkat.

Objek wisata air terjun Parangloe termasuk air terjun yang terindah di Sulawesi Selatan. Air Terjun Parangloe mempunyai air yang bermuara dari air Terjun Bantimurung yang ada di Maros, banyak yang belum mengetahui objek wisata ini karena belum adanya pengelolaan dari pemerintah sehingga air terjun ini termasuk objek wisata umum.

Lokasi Objek Wisata Air Terjun Parangloe di Sulawesi Selatan

Jika Anda ingin mengunjungi air terjun Parangloe, sebaiknya Anda berada dalam kondisi yang prima. Karena medan yang akan Anda tempuh cukup sulit. Jarak Air Terjun Parangloe sekitar 50 km dari kota Makasar, Anda bisa bisa menuju arah poros Malino dengan waktu sekitar 2 jam perjalanan. Setelah sampai di sekitar wilayah Bendungan Bili-Bili perjalanan Anda akan sedikit terhambat, karena medan yang cukup sulit karena jalan yang sudah mengalami kerusakan serta adanya truk-truk yang bermuatan pasir dan batu yang akan membuat terhambatnya laju kendaraan Anda. Setelah sampai di Bendungan Bili-Bili sebaiknya Anda bertanya pada warga sekitar tentang arah menuju lokasi Objek wisata air terjun Parangloe, karena terbatasnya plang pengunjung ke arah air terjun.

Setelah sampai di pintu masuk Air Terjun Parangloe, Anda harus berjalan kaki melewati hutan tropis yang berjarak sekitar 2 km. Karena jalan yang terjal dan rusak sehingga sulit bagi Anda untuk membawa kendaraan sampai lokasi wisata. Jalan menuju air terjun Parangloe berupa jalan setapak yang lebih mirip jalur air hujan dengan tingkat kemiringan 30-45 derajat, jadi Anda harus berhati-hati.

Objek Wisata Air Terjun Parangloe Menyuguhkan Pemandangan yang Masih Alami

Sampai di lokasi Air Terjun Parangloe Anda akan disuguhi pemandangan yang air terjun yang masih alami. Air Terjun Parangloe memiliki susunan batu dengan ketinggian mencapai 20 meter lebih dengan air yang mengalir jernih. Tidak heran apabila air terjun Parangloe disebut sebagai surga dunia yang tersembunyi di belukar hutan. Ketika Anda berkunjung ke air terjun ini, sebaiknya membawa bekal makanan dan minuman sendiri karena Objek wisata air terjun Parangloe bukan tempat wisata umum sehingga belum ada warung di sekitarnya.

Selama berada di lokasi air terjun Parangloe, Anda harus tetap memperhatikan himbauan-himbauan yang ada. Karena kondisi cuaca di Air Terjun Parangloe yang sulit diprediksi yang kadang berubah menjadi ekstrim. Disarankan Anda tidak berkunjung saat musim hujan, dikarenakan dibalik pesona Air Terjun Parangloe juga terdapat bencana air bah yang membuat air menjadi sangat deras. Juga disarankan Anda tidak menginap di lokasi tanpa adanya pengawasan.

Itulah artikel tentang Air Terjun Parangloe, Objek Wisata Air Terjun Terindah di Sulawesi Selatan. Semoga bermanfaat dan selamat bekunjung.