Pesona Keindahan Khas Objek Wisata Air Terjun Jumog, Karanganyar Solo

by -31 views
Objek Wisata Air Terjun Jumog

Pesona Keindahan Khas Objek Wisata Air Terjun Jumog, Karanganyar Solo – Di daerah Karanganyar Solo, terdapat objek wisata yang perlu Anda kunjungi, yaitu objek wisata Air Terjun Jumog. Objek wisata Air Terjun Jumog berada di Ds. Berjo, Kec. Ngargoyoso, Kab. Karanganyar, Solo, Jateng. Tidak seperti Grojogan Sewu di Tawangmangu yang lebih dulu dikembangkan, Air Terjun Jumog masih terlihat sederhana. Air Terjun Jumog atau masyarakat sekitar menyebut dengan nama The Lost Paradise (surga yang telah hilang) mulai dibuka untuk umum pada tahun 2004.

Air Terjun Jumog memiliki ketinggian sekitar 30 meter, yang memiliki keindahan yang khas dengan udara yang dingin dan sejuk. Konon setiap pukul 10 pagi terlihat pelangi di Air Terjun Jumog. Pemandangan Air Terjun Jumog sangat mengagumkan, dengan sumber air berasal dari lereng Gunung Lawu. Debit air di air terjun ini tidak terlalu deras jadi aman apabila Andaingin berenang atau hanya sekedar bermain air. Pemandangannya yang masih alami bisa memanjakan Anda yang mempunyai hobi memotret.

Air Terjun Jumog berjarak sekitar 40 km kearah timur kota Solo. Jika Anda ingin berkunjung ke Air Terjun Jumog Anda bisa mengambil arah dari Solo menuju Tawangmangu. Setelah sampai di pertigaan Selepas Pasar Karangpandan, Anda bisa mengambil jalur kiri ke arah Ngargoyoso. Bila Anda menggunakan kendaraan umum, Anda bisa naik bus dari Solo menuju terminal Karangpandan dengan tarif Rp. 5000/orang. Dilanjutkan Anda naik bus kecil yang tarifnya sebesar Rp.2000/orang dengan tujuan Nglorog (Candi Suku/Air Terjun Jumog) atau terminal Kemuning.

Dari terminal Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan ojek dikarenakan tidak ada kendaraan umum yang menuju ke Air Terjun Jumog. Untuk naik ojek menuju lokasi air terjun Anda bisa mengeluarkan uang sebesar Rp. 40.000.Setelah sampai di parkiran Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki melewati jalan setapak yang sudah tertata rapi dengan material semen, dan Anda juga harus menuruni sekitar 160 anak tangga . Jarak yang Anda tempuh tidak jauh hanya sekitar 400 meter. Sebelum menuju area wisata Anda akan dikenakan tiket masuk Rp.3000 per orang dan biaya parkir Rp.1000 per motor.

Tarif yang cukup murah karena dikelola swadaya oleh masyarakat setempat.
Fasilitas di Air Terjun Jumog cukup lengkap, terdapat kolam renang, arena bermain anak, gazebo, rest area, rumah makan, dan panggung hiburan. Disini juga terdapat beberapa homestay dan cottage yang berjarak sekitar 1 km dari lokasi air terjun, dengan tarif sekitar Rp. 50.000 sampai dengan Rp. 250.000 per malam. Bagi Anda yang ingin mencicipi makanan khas, di situ juga bisa dijumpai penjual sate ayam dan sate kelinci. Tidak lupa Anda harus menjaga kebersihan tempat wisata ini, demi keindahan dan kelestariannya.Demikianlah sedikit informasi tentang Air Terjun Jumog. Semoga informasi di atas bisa menambah referensi daftar tempat wisata Anda bersama keluarga. Selamat berkunjung dan semoga liburan Anda menyenangkan.