Pesona Keindahan Alami Dari Objek Wisata Air Terjun Cibeureum

by -437 views
Objek Wisata Air Terjun Cibeureum

Pesona Keindahan Alami Dari Objek Wisata Air Terjun Cibeureum – Satu lagi wisata alam di Bogor yang wajib Anda kunjungi, yaitu Air Terjun Cibeureum atau masyarakat sekitar menyebut dengan nama curug Cibeureum. Cibeureum sendiri berasal dari bahasa Sunda yang artinya sungai atau air merah. Hal ini karena apabila terkena sinar matahari, warna air akan kelihatan kemerah-merahan. Hal ini terjadi dinding tebing Air Terjun Cibeureum yang ditumbuhi lumut berwarna merah. Terdapat batu besar di tengah air terjun. Menurut mitos yang berkembang di masyarakat, batu itu adalah pertapa yang sedang melakukan ritual. Karena terlalu lama melakukan ritual sehingga pertapa berubah menjadi batu.

Lokasi Objek Wisata Air Terjun Cibeureum

Air Terjun Cibeureum berada di area Taman Nasional Gede Pangrango Cibodas, Ds. Sindang Laya, Kec. Pacet, Kab. Cianjur, Prov. Jawa Barat. Disamping Objek Wisata Air Terjun Cibeureum, ada dua air terjun kecil, yaitu air terjun Cidendeng yang letaknya lebih tinggi dari Air Terjun Cibeureum. Yang kedua adalah air terjun Cikundul yang letaknya di sebelah barat air terjun Cidendeng dan Cibeureum. Air terjun Cikundul ini letaknya sangat tinggi dan tersembunyi.
Untuk menuju wisata alam ini, dapat ditempuh satu jam perjalanan dari Taman Nasional Gede Pangrango Cibodas. Pintu masuk menuju Air Terjun Cibeureum sekitar 500 m dari pintu masuk Kebun Raya Cibodas. Banyak tempat menarik yang dapat Anda temui ketika melakukan perjalanan ke Objek Wisata Air Terjun Cibeureum, juga pos (tempat peristirahatan) yang dibangun oleh pengelola.

Diperlukan waktu 30 menit dari pintu masuk untuk sampai ke pos pertama, di pos ini terdapat tempat istirahat, pusat informasi dan toilet. Di pos yang kedua Anda akan dimanjakan dengan pemandangan Talaga Biru yang mempunyai air berwarna biru kehijau-hijauan. Setelah dari pos kedua Anda bisa melanjutkan perjalanan sekitar 2 km, diperjalanan ini Anda akan melewati jembatan yang dulunya terbuat dari potongan kayu yang disusun rapi di atas Rawa Gayonggong.
Gayonggong adalah sejenis rumput yang tinggi. Karena banyak kayu yang sudah rapuh, sekarang jembatan kayu ini sudah diganti dengan susunan beton. Jembatan ini lumayan panjang dan berkelok-kelok tapi disini pengelola sudah menyediakan tempat untuk beristirahat. Setelah itu perjalanan dilanjutkan dengan jalan setapak, disini terdapat trek berbatu dan ada yang jalan menanjak berbentuk tangga.

Di pos ketiga yang berada di persimpangan, terdapat plang yang menunjukkan arah. Arah kiri menunjukkan lokasi KAndang Badak, air panas, dan Puncak Gede. Sedangkan arah kanan menuju ke Objek Wisata Air Terjun Cibeureum dan puncak Pangrango. Dari persimpangan diperlukan waktu sekitar 15 menit perjalanan dengan jalan yang agak datar dan menurun. Tiket masuk kawasan Objek Wisata Air Terjun Cibeureum cukup murah, yaitu hanya dengan Rp 11.000/orang Anda sudah bisa menikmati pemandangan air terjun yang begitu mempesona.

Demikianlah artikel tentang Pesona Keindahan Alami Dari Objek Wisata Air Terjun Cibeureum. Selamat berkunjung dan semoga liburan Anda menyenangkan.