Destinasi Wisata Alam Religi Pantai Balekambang Malang Selatan

by -450 views
Pantai Balekambang Malang

Destinasi Wisata Alam Religi Pantai Balekambang Malang Selatan – Satu lagi pantai di Malang Selatan yang bisa menjadi destinasi berwisata saat hari libur. Pantai Balekambang. Pantai nan indah ini terletak di 65 km selatan Kota Malang, tepatnya di Desa Srigonco, Kecamatan Bantur.

Wisata Pantai Balekambang Malang

Pantai Balekambang Malang memiliki panjang pantai sekitar dua kilometer dan lebar pantai sekitar 200 meter ke arah laut. Terdapat tiga pulau di dekat pantai ini, yaitu Pulau Ismoyo, Pulau Anoman, dan Pulau Wisanggeni. Pada Pulau Ismoyo terdapat Pura Luhur Amertha Jati yang cukup megah dan terdapat jembatan yang menghubungkan Pulau Ismoyo dengan pantai utama Balekambang. Sedangkan pada Bulan Suro, pantai ini akan sangat ramai dikunjungi, karena di pantai ini digelar upacara adat Jalanidha Puja dan Upacara Tahun Baru Jawa.

Selain pura di atas Pulau Ismoyo, daya tarik pantai Balekambang Malang adalah panorama alamnya yang sangat indah. Ombaknya yang tidak terlalu besar, pantai yang landai, pasirnya juga putih dan bersih sehingga sangat cocok untuk wisatawan yang ingin bermain dan berolahraga di area pantai. Jika sedang beruntung, saat air pantai surut. Pengunjung akan dikejutkan dengan adanya ikan hias di genangan air, di sela-sela batu karang.

Pantai Balekambang Malang Sebagai Wisata Religi

Selain wisata alam, Pantai Balekambang Malang juga disebut sebagai wisata religi. Pada hari tertentu, pantai ini ramai dikunjungi. Banyak wisatawan berkunjung untuk melakukan ritual atau ibadah.
Bagi umat muslim juga dapat melakukan ziarah makam. Sekitar 1 km dari arah Bantur, sebelum Pantai Balekambang terdapat makam Syaikh Abdul Jalil, beliau merupakan orang pertama yang ‘membabat’ Pantai Balekambang ini. Pada tanggal 1 Sya’ban, banyak penziarah yang ke makam Syaikh Abdul Jalil.
Syaikh Abdul Jalil sendiri berasal dari Jogjakarta. Beliau merupakan seorang keluarga ningrat dan memiliki ilmu agama yang cukup tinggi. Oleh karena itu beliau sangat disegani oleh masyarakat.

Fasilitas Pantai Balekambang Malang

Tidak lengkap rasanya jika wisatawan hanya menikmati keindahan pantai ini pada waktu sore ataupun siang saja. Suasana malam pantai ini juga cukup menarik untuk dinikmati. Oleh karena itu, di sekitar pantai juga tersedia tempat berkemah. Selain tempat berkemah, juga terdapat beberapa penginapan dan hotel dengan berbagai harga. Mulai harga 150 ribu sampai 500 ribu perharinya.

Wisatawan juga tidak perlu bingung untuk membeli oleh-oleh. Di Pantai Balekambang juga terdapat kios-kios cinderamata. Ada juga rumah makan, pusat informasi, kolam renang dan beberapa fasilitas menarik lainnya. Bahkan di Pantai Balekambang juga terdapat flying fox yang hanya buka pada hari sabtu dan minggu saja.
Itulah artikel tentang Destinasi Wisata Alam Religi Pantai Balekambang Malang Selatan, Jika anda ingin jalan-jalan di akhir pekan nanti. Pastikan Pantai Balekambang menjadi salah satu daftar tempat wisata yang harus anda kunjungi.